Header Ads

Seo Services

Pengenalan Dasar Tentang HTML

html

Pengenalan Dasar Tentang HTML - Pada artikel saya yang pertama ini saya akan bahas mengenai HTML dan web programming. Kalian semua pasti pernah dengar tentang HTML kan? HTML umum digunakan untuk membuat website, blog, dan lain-lainnya yang berhubungan dengan internet. Bahasa HTML ini juga sering dipadukan dengan CSS dan Javascript.

Tapi kali ini saya gak akan bahas tentang bagaimana kita membuat website dengan HTML, saya hanya akan memberikan sedikit informasi mengenai apa itu HTML supaya kita bisa mengenal bahasa HTML. Seperti kata pepatah, tak kenal maka tak sayang, jadi sebelum belajar HTML ada baiknya kita mengetahui dulu pengertian dan sejarahnya.
   
Pengertian HTML
HTML merupakan singkatan dari Hipertext Markup Language. Kenapa disebut markup language? dan apa bedanya dengan programming language? Ok biar saya jelaskan, sebuah bahasa pemrograman biasanya mempunyai variable, function, struktur control,  dan sebagainya. Sedangkan HTML disebut markup language karena di dalamnya terdapat serangkaian markup atau biasanya kita sebut dengan tag yang fungsinya untuk memberitahu browser bagaimana konten akan ditampilkan. 

Sejarah HTML

Tim Berners-Lee

HTML pertama kali diciptakan oleh Tim Berners-Lee. Kalau kalian kepo sama bapak Tim Berners-Lee bisa dicari aja di Wikipedia biodata lengkapnya.  Nah, selain HTML Tim Berners-Lee ini juga menemukan banyak hal, diantaranya HTTP, WWW, Web Browser, Web Server, dan Web Page. Sekarang Tim Berners-Lee menjadi direktur dari sebuah organisasi yang bernama World Wide Web Consortium (W3C). Kegiatan utama dari organisasi W3C ini adalah untuk mengembangkan protokol dan panduan yang akan memastikan perkembangan dari web dalam jangka panjang. Organisasi ini punya 4 institut yang tersebar di seluruh dunia, yaitu  MIT (di Cambridge, MA, USA), ERCIM ( di Sophia-Antipolis, France), Keio University (di Tokyo, Japan), dan Beihang University (di Beijing, China). Jadi kalau kalian tau banyak mengenai web bisa lah kalau mau gabung ke salah satu institut, hehehe. Untuk lebih lengkapnya kalian bisa langsung ke websitenya W3C di sini www.w3.org.

Perkembangan Teknologi HTML
Sampai saat ini versi HTML yang terbaru adalah HTML 5. Ok, kita bahas dari yang pertama dulu ya guys.
1. HTML 1
HTML 1 dipublikasikan pertama kali tahun 1991. HTML 1 Mempunyai kemampuan untuk membuat heading, paragraph, hypertext, list, cetak tebal, dan cetak miring. Selain itu dukungan peletakkan image pada dokumen dengan tidak memperbolehkan peletakkan teks di sekelilingnya (wrapping).

2. HTML 2
HTML 2 dirilis tahun 1995. HTML 2 Mempunyaifitur tambahan seperti untuk menambahkan form. Dengan adanya penanmbahan form ini, kita dapat memasukkan nama, alamat, kritik/saran. Sehingga menjadikan halaman web interaktif.

3. HTML 3
HTML 3 muncul pada tahun 1997. HTML 3 punya beberapa fitur baru seperti table. Tapi tidak beberapa lama muncul HTML versi 3.2 yang merupakan penyempurnaan dari HTML 3.

4. HTML 4
HTML 4 dirilis tanggal 18 Desember 1997. HTML ini memuat banyak sekali perubahan dan revisi dari pendahulunya. Perubahan ini terjadi di hampir segala perintah-perintah HTML seperti table, image, link, text, meta, imagemaps, form, dan lain- lain.

Kemudian lahir HTML versi 4.01 yang dikeluarkan secara resmi oleh W3C pada tanggal 24 April 1998. HTML 4.01 menjadi standar pada tahun 1999. HTML 4.01 merupakan perbaikan dari HTML versi 4.0 yang terlebih dahulu diterbitkan.

5. HTML 5
Nah yang terakhir adalah HTML 5. HTML 5 dipublikasikan pada tahun 2008. Saat ini sudah banyak website dan blog yang sudah memakai HTML 5. Kelebihannya antara lain adalah :

  1.  Fitur kanvas untuk menggambar menggunakan script code
  2.  Fitur video dan audio untuk media pemutar file multimedia
  3.  Integrasi yang lebih baik dengan aplikasi situs dan pemrosesannya
  4.  Integrasi (‘inline’) dengan doctype yang lebih sederhana
  5.  Penulisan kode yang lebih efisien
  6.  Penanagan kesalahan yang lebih baik
  7.  Mengurangi kebutuhan untuk plugin eksternal Lebih markup untuk menggantikan scripting

Teknologi Pemrograman Web
Bicara soal pemrograman web pasti tidak bisa lepas dari HTML dan teknologi pendukung lainnya seperti CSS dan Javascript. Dan ketiga teknologi ini tentu punya tugasnya masing-masing. Fungsi dari ketiga teknologi ini adalah:

  • HTML dibuat untuk membuat struktur sebuah halaman dan menyajikan konten.
  • CSS dibuat untuk menghias halaman yang dibuat agar terlihat lebih menarik dan lebih bagus tentunya.
  • Terakhir, Javascript sebenarnya bisa digunakan untuk banyak hal, tapi umumnya javascript dibuat untuk interaktifitas seperti animasi, slideshow dan sebagainya. Jadi web menjadi lebih interaktif. Selain itu karena Javascript adalah termasuk Programming Language jadi dia bisa dibuat untuk pengambilan suatu keputusan , melakukan proses komputasi yang kompleks, dan banyak lagi.

Itulah tadi Pengenalan Dasar Tentang HTML. Mohon maaf jika agak panjang dan untuk tutorial codingnya akan saya sambung pada artikel berikutnya. 

3 komentar:

  1. jadi tau sekarang mengenai sejarah html. thanks info nya bermanafaat gan

    BalasHapus
  2. HTML sangat rekomendasi untuk dipelajari apabila kita bermain di dunia blogging..
    Bagus artikel agan tentang pengenalan HTML..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya gan.. pemahaman tentang HTML harus dipunyai seorang blogger karena kita bisa ngerti bagaimana untuk optimasi SEO

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.